Senin, 24 Mei 2010

Mengenal Website dan Web Blog

Posting di Tutorial Blogspot

Ini adalah tulisan pertamaku pada sebuah blog pribadi yang aku buat sebagai sarana penyampaian gagasan ataupun uneg2 yang ada dalam pikiranku ini.  Aku bukanlah seorang penulis yang handal, aku hanya seorang pemula dalam dunia blogger yang mana aku lihat akhir-akhir ini, makin banyak saja orang mengunakan blog dengan tujuan yang bermacam-macam pula...Tapi sebelum aku menulis semampuku tentang apa itu blog, ada baiknya aku sedikit menjelaskan tentang apa itu website, karena blog juga tidak terlepas dari dunia website.

Sekilas Tentang Website
Pada era sekarang ini, perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan memang berkembang  luar biasa cepat, salah satu cabang teknologi yang ikut andil dalam perkembangan teknologi adalah Teknologi Informasi (IT). Semua orang hampir semua memakai jasa IT ini, baik itu orang tua maupun muda, seakan-akan dunia akan mati tanpa teknologi IT ini. ....Luar bisa memang!!!
Salah satu produk dari teknologi IT adalah Website. Apa itu website? Website itu sebenarnya adalah sekumpulan arsip file atau dokumen  yang tersimpan dalam komputer khusus (server) yang selalu terhubung dengan jaringan internet. File atau dokumen ini bisa berupa file teks, gambar ataupun video dll. Semua orang bisa mengakses file atau dokumen ini karena masing-masing file mempunyai alamat yang dinamakan URL. 

Sekarang aku akan memberitahu pembaca, beberapa komponen yang terdapat dalam website.
  1. Domain
  2. Domain adalah nama website anda, contoh blogger.com, google.com dan lain-lain. Domain ini tidak akan sama antara satu dengan yang lain, domain dapat di beli atau di sewa, biasanya tarifnya per tahun. Bahasa mudahnya, domian ini seperti nama toko anda.
  3. Web Hosting 
  4. Web Hosting adalah sebuah server atau tempat dimana kita akan menyimpang file atau dokumen website yang nantinya akan bisa diakses oleh semua orang melalui internet.
  5. Bahasa Pemrograman
  6. Bahasa Pemrograman adalah suatu bahasa yang digunakan untuk membuat program website, bahasa yang umum digunakan untuk membuat website adalah bahasa HTML. Selain HTML ada bahasa PHP, Java dan lain-lain.
Sekarang sudah ada gambaran kan tentang website, Lalu apa itu blog? Apa bedanya dengan website? Mari kita simak penjelasan di bawah ini:

Sekilas Tentang Blog
Blog merupakan singkatan dari Web dan Log atau Web Log, yang merupakan bentuk aplikasi dari website berupa tulisan-tulisan yang di pajang di sebuah halaman website umum. Jadi pengertian singkatnya begini, blog itu semacam buku harian atau jurnal harian yang di pajang di internet,....jelas bukan? Banyak fasilitas yang diberikan oleh blog  untuk memudahkan pengunjung dalam membuat catatan-catatan yang akan di pajang di internet. Dari segi tema, maka blog ini bermacam-macam, contoh ada blog pribadi, politik, kesehatan, hukum, media, pendidikan , agama dan sebagainya. Lalu apa kelebihan blog dibanding website ? Lihat penjelasan berikut ini.

Kelebihan Blog dibandingkan Website:
  • Pemilik blog tidak perlu menguasai bahasa pemrograman HTLM dan sebagainya
  • Tersedia desain template yang melimpah di internet
  • Sudah memilik fasilitas CMS 
  • Tersedia banyak layanan blog gratis
Contoh Layanan Blog Gratis:
Layanan Blog dari Indonesia :
  1. www.blogboleh.com
  2. www.blogdetik.com
Layanan Blog dari Luar Negeri :
  1. www.blogger.com
  2. www.blogsome.com
  3. www.wordpress.com
  4. www.blogdrive.com
  5. www.multiply.com
  6. www.journalhome.com
Bingung nih mau milih blog yang mana?....
Jangan bingung-bingung, karena masing-masing memiliki kelebihannya, tapi disini aku (penulis) memilih menggunakan layanan blog dari www.blogger.com karena beberapa alasan diantaranya:
  1. Server blogger sangat terjamin, karena pemilik blogger itu adalah Google yang sudah pasti tidak diragukan lagi kemampuannya.
  2. Pengeditan HTML nya  lebih fleksibel
  3. Lebih menarik karena kita bisa mengubah template dengan mudah, dan tersedia banyak template yg menarik di internet.
  4. Control panel lebih familiar
  5. Tidak usah takut blog anda akan di hack, karena sistem keamanan yang di google sangat terjamin
  6. Dan masih banyak lagi kelebihan dari blogger ini.
Demikian sekilas penjelasan tentang website dan blog, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Selamat mencoba membuat Blog.

Bisnis Online Corner

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 
DoFollow

Best Patner

Advertise with IZEA Media

Copyright © 2012. Bisnis Online Corner - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz Templates