Senin, 07 Juni 2010

Tips Agar Hidup Sehat Alamiah

Posting di Tips dan Trik

Siapa yang tidak menginginkan hidup secara sehat? Semua orang pasti mendambakan hidup sehat tanpa terserang penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Minimal tubuh kita tidak mudah terserang oleh penyakit. Sehat tidaknya tubuh kita bisa dipengaruhi oleh pola hidup kita sehari-hari. Jadi ada kaitan yang erat antara hidup sehat dengan pola hidup sehari-hari. Pola hidup yang sehat akan membuahkan kesehatan bagi tubuh kita.Pola hidup yang tidak sehat misalkan, kebiasaan memakan makanan siap saji dan sintesis, memakan makanan yang mengandung pewarna, kebiasaan membeli makanan di luar rumah yang belum tentu terjamin kesehatan dan kebersihannya.

Sekarang ini, pola hidup tidak sehat seperti diatas banyak terjadi di kota-kota besar, dengan makin merebaknya makanan siap saji dan makanan yang mengandung pewarna buatan, masyarakat perkotaan secara tidak sadar terancam berbagai masalah kesehatan dikemudian hari. Apalagi sebagian besar masyarakat perkotaan disibukkan dengan urusan pekerjaan mereka di kantor ataupun di pabrik sehingga mereka lebih memilih makan makanan siap saji yang lebih praktis dan tidak merepotkan.

Tapi apakah pola hidup seperti ini akan membawa mereka kepada kesehatan tubuh, lalu bagaimanakah langkah-langkah kita agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan dikarenakan pla hidup tidak sehat. Berikut ini saya berika tips-tips hidup sehat alamiah yang bisa anda coba praktekan.
  • Pola hidup bersih
    Budaya bersih merupakan perilaku hidup sehat yang perlu kita tanamkan sejak dini pada diri sendiri dan keluarga. Budaya bersih bisa dimulai dengan membiasakan cuci tangan sampai bersih. Tangan yang tidak bersih berpotensi menimbulkan ancaman penyakit pencernaan dan pernafasan. Budaya hidup bersih lainnya seperti membiasakan menghirup udara segar dan bersih serta menghindari radikal bebas seperti asap rokok, asap kendaraan, asap pabrik, debu dan lain-lain.
  • Makan makanan seimbang
    Biasakan makan makanan seimbang setiap hari. Makanan seimbang tidak harus makanan yang mahal, tapi makanan seimbang adalah makanan yang mengandung semua jenis gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tentu kita masih ingat kan apa itu empat sehat lima sempurna. Frekuensi makanan pun harus dijaga, disarankan makan tiga kali sehari dengan menu makanan yang seimbang.
  • Biasakan banyak minum air putih
    Air putih sangat baik bagi kesehatan tubuh kita, jumlah minimal air yang harus kita konsumsi adalah 2 liter setiap hari. Air sangat berguna untuk membantu proses-proses kimia dalam tubuh. Kekurangan konsumsi air bisa berakibat fatal pada organ tubuh,khususnya ginjal.
  • Menjaga berat badan ideal
    Usahakan agar berat badan anda ideal. Rumus untuk mengetahui ideal atau tidaknya berat badan anda bisa dihitung dengan formula BMI = berat badan (kg) dibagi tinggi badan kuadrat (meter). Indeksnya berkisar antara 22-25.
  • Olah raga teratur
    Untuk menjaga kesehatan tubuh kita, biasakan berolahraga secara teratur. Olahraga yang paling murah adalah jogging. Anda bisa melakukan jogging 5 kali sepekan atau yang lain. Yang terpenting adalah dilakuka secara teratur.
  • Istirahat cukup
    Istirahat yang cukup dapat menjaga kesehatan tubuh kita, istisrahat yang paling baik adalah tidur. Dengan tidur maka semua organ tubuh akan mengalami relaksasi dan dengan istirahat cukup maka sel-sel tubuh akan melakukan regenerasi. Cukuplah kita tidur setiap hari selama 7-8 jam saja.
  • Menghindar dari stress
    Stress merupakan penyebab gangguan kesehatan yang akhir-akhir ini banyak terjadi, terutama di daerah perkotaan. Maka dari itu hindarilah stress sebisa mungkin agar hidup anda tenang dan sehat selalu.

Selesai sudah bincang-bincang mengenai pola hidup sehat, tips-tips diatas bukanlah sesuatu yang baku, mungkin diantara pembaca ada yang memiliki tips-tips yang lebih baik lagi dan bisa di sharing di sini. Semoga bermanfaat bagi saya dan anda semua.



1 komentar:

Unknown mengatakan...

maaf nih gan menurut ane pada isitirahat yang cukup tidak harus 7- 8 jam tidur 4- 5 jam kita bisa mengistirahatkan tubuh asalkan kita tidak bergerak kesamping kiri atau kanan. ini terbukti karna ane terkadang tidur cuma 3 - 4 jam dan sampai saat ini ane masih sehat. terima kasih artikelnya.

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 
DoFollow

Best Patner

Advertise with IZEA Media

Copyright © 2012. Bisnis Online Corner - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz Templates