Senin, 24 Mei 2010

Mendulang Dollar Dengan Bisnis Online

Posting Di Bisnis Online

Judul diatas tentunya sangat menarik untuk dibaca, bagaimana tidak? Semua orang pasti ingin memiliki harta yang cukup atau bahkan kalau bisa memiliki harta yang berlebih. Tapi terkadang itu semua hanya tinggal mimpi, banyak yang terbuai dengan angan-angan menjadi seorang jutawan tapi tidak dibarengi dengan usaha yang keras, ulet, kreatif dan cerdas. Sekarang ini, menjadi seorang jutawan bukanlah perkara yang mustahil walaupun anda tidak memiliki modal yang cukup untuk memulai usaha. Dengan semakin maraknya penguna internet maka semakin banyak pula orang yang memanfaatkan website atau blog untuk berburu dollar atau rupiah. Ya, bisnis online atau e-commerce adalah solusi yang tepat bagi anda yang ingin menjadi jutawan hanya dengan modal keberanian, ketekunan dan keberuntungan.

Sebelum anda memulai mencoba terjun ke dunia bisnis online atau e-commerce, maka ada beberapa hal yang perlu anda baca dan anda terapkan sebagai bekal anda dalam mengarungi persaingan bisnis online atau e-commerce.

1. Mentalitas dan Karakter Seorang Pengusaha
Seperti halnya bisnis konvensional, bisnis online juga memerlukan mentalitas dan karakter yang kuat sebagai seorang pengusaha. Walaupun dalam banyak sisi, kedua bisnis ini memiliki banyak perbedaan, tapi ada persamaan yang harus dimiliki apabila anda akan terjun ke dunia bisnis konvensional ataupun bisnis online. Banyak orang yang menganggap remeh dan tidak memperhatikan sikap mental yang harus dimiliki seseorang dalam menggeluti bisnis online, sehingga mereka akhirnya gagal total dan tidak mendapatkan apa-apa dikarenakan mereka terbuai dengan iming-iming menjadi jutawan mendadak tanpa kerja keras.
Untuk memulai membangun bisnis online ini, anda juga dituntut untuk memilki sikap mental yang kuat seperti kerja keras, pantang menyerah, ulet, sabar dan motivasi yang tinggi untuk berhasil. Jika anda tidak memiliki sikap mental seperti ini maka anda akan mudah putus asa jika mengalami hambatan dan kesulitan dalam berbisnis online. Jadi kuncinya adalah anda harus membangun sikap mental dan karakter yang kuat sebagai seorang pengusaha atau entrepreneurship.

2. Jaringan Internet
Hal kedua yang harus anda perhatikan adalah anda harus memiliki komputer atau laptop yang terhubung ke jaringan internet. Jika tidak memiliki komputer sendiri, anda bisa memulainya dengan menyewa internet di warnet, tapi cara ini tidak efektif dan efisien dari segi biaya dan waktu. Saya sarankan anda memiliki sendiri komputer yang terhubung ke jaringan internet sehingga anda bisa mengoptimalkan waktu anda sebaik mungkin untuk kelancaran bisnis online anda.

3. Website atau Blog
Hal ketiga yang haus diperhatikan adalah anda memiliki website atau blog sebagai tempat untuk memulai bisnis online anda. Website atau blog sangat dibutuhkan dalam bisnis online, seperti halnya kios atau toko dalam bisnis konvensional, maka website atau blog ini berfungsi sebagai tempat anda menjajakan atau memajang barang atau jasa yang anda tawarkan kepada para pembeli. Anda harus mendesain dan mengatur website atau blog sedemikian rupa sehingga kelihatan indah dan menarik untuk dikunjungi. Di samping tampilan yang oke, konten website atau blog juga harus menarik dan selalu di update setiap hari sehingga pengunjung akan setia mencari informasi yang dibutuhkan di website atau blog anda. Jika anda akan menggunakan website dengan nama domain milik sendiri maka anda bisa menyewa domain di situs-situs yang menyewakan domain. Tapi jika anda akan menggunakan blog, maka saya sarankan anda menggunakan layanan blog gratisan seperti blogger, wordpress, blogsome dan sebagainya.

4. Alat Transaksi
Hal keempat yang perlu anda perhatikan adalah anda harus memiliki alat transaksi untuk melakukan jual beli. Karena anda akan terjun ke bisnis online maka kebanyakan transaksi dilakukan tidak secara langsung, tapi transaksi dilakukan secara elektronik. Alat transaksi dalam bisnis online biasanya menggunakan kartu kredit, rekening bank, egold atau paypal. Anda harus memilki salah satu atau lebih dari alat-alat transaksi tersebut untuk bisa melakukan bisnis online ini.

5. Email
Hal kelima yang perlu anda perhatikan adalah anda harus memiliki email elektronik. Email ini sangatlah penting karena bisa anda gunakan sebagai alat komunikasi surat menyurat antara anda dengan pembeli atau dengan rekanan bisnis anda. Dilihat dari segi waktu, maka dengan email, informasi yang anda sampaikan akan sampai ke pembeli pada waktu itu juga tanpa dibatasi tempat. Anda bisa mendapatkan email secara gratis seperti Gmail, Yahoo, dan sebagainya.

6. Facebook atau Jejaring Sosial Lainnya
Hal keenam yang harus anda perhatikan adalah facebook atau jejaring social lainnya. Anda bisa memanfaatkan facebook atau yang semacamnya ini sebagai media promosi bisnis online anda. Anda bisa mengupdate informasi bisnis anda setiap saat melalui facebook dan informasi ini akan tersebar ke semua anggota facebook anda. Hebat bukan,….ini merupakan terobosan marketing yang fenomenal.
Nah, demikianlah hal-hal yang perlu anda persiapkan sebelum anda memulai bisnis online. Ke enam hal tersebut bukanlah sesuatu yang baku, anda bisa menggali sendiri apa saja yang mesti anda persiapkan dalam berbisnis secara online. 

Selamat bergabung di dunia Bisnis Online

Bisnis Online Corner


0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 
DoFollow

Best Patner

Advertise with IZEA Media

Copyright © 2012. Bisnis Online Corner - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz Templates