Selasa, 01 Juni 2010

Cara Membuat Menu Drop Down

Posting di Tutorial Blogspot

Melanjutkan artikel saya tentang tutorial blogspot, sebelumnya saya membuat tulisan mengenai cara membuat arsip drop down , kali ini saya menulis tutorial tentang cara membuat menu drop down. Fasilitas drop down memang memiliki keunggulan di banding yang lain jika file yang akan ditampilkan berjumlah banyak. Dengan menu drop down maka anda bisa menghemat tempat di halaman blog anda karena pada menu drop down, hanya akan menampilkan satu file saja pada kolom pertama,dan file selebihnya bisa anda lihat dengan mengklik tombol navigasi dan geser ke bawah untuk memilih file yang akan dibuka.

Kebanyakan blog akan menampilkan form menu di bagian atas header untuk menampilkan menu-menu di blog mereka,tapi disini space di bagian header terbatas dan bisa saja tidak bisa menampilkan semua pilihan menu blog tersebut. Maka salah satu solusinya adalah dengan membuat menu drop down. Memang anda harus memodifikasi kode HTML blog anda dan menambah beberapa kode HTML agar bisa menampilkan menu drop down.

Di bawah ini anda bisa mengkopi kode HTML untuk membuat menu drop down pada blog anda, langsung saja anda ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka account blog anda dan masuklah ke Dasbor > Tata Letak.
  2. Pilih di bagian mana menu drop down akan di buat, misal drop down akan di buat di sisi sidebar, klik Tambah Gadget > HTML/Java Script.
  3. Copy paste kode di bawah ini
    <form><select name="Drop Down" onchange="window.open(this.options[this.selectedIndex].value,'_blank')"size=1 name=Drop Down><option value=0 selected>Judul File Yang Akan Ditampilkan Pertama</option>
    <option value="Alamat Tujuan">Judul Tulisan</option> </select></form>
  4. Pada bagian “Judul File Yang Akan Ditampilkan Pertamailah ” gantilah dengan judul file yang anda inginkan.
  5. Pada bagian “Alamat Tujuan” gantilah dengan alamat file yang anda tuju. Dan gantilah “Judul Tulisan” dengan judul file yang anda inginkan.
  6. Contoh dari kode HTML di atas, misalkan seperti di bawah ini
    <form><select name="Drop Down" onchange="window.open(this.options[this.selectedIndex].value,'_blank')"size=1 name=Drop Down><option value=0 selected>Cara Membuat Menu Drop Down </option>
    <option value="http://bisnisonlinecorner.blogspot.com/cara membuat menu drop down">Cara Membuat Menu Drop Down</option>
    <option value="http://bisnisonlinecorner.blogspot.com/kaya dengan bisnis online">Kaya Dengan Bisnis Online </option>
    <option value="http://bisnisonlinecorner.blogspot.com/peluang usaha dari keripik singkong cokelat">Peluang Usaha Dari Keripik Singkong Cokelat </option>
    </select></form>
  7. Klik simpan.
  8. Dan lihatlah hasilnya.
Nah demikianlah cara untuk membuat menu drop down, anda tinggal sedikit menulis kode HTML pada gadget HTML/Java Script yang akan menampilkan menu drop down. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.

Bisnis Online Corner

3 komentar:

produk elektronik casio mengatakan...

ta coba ya di http://casioproduk.blogspot.com/ atau http://produkjasaku.blogspot.com/

Bisnis Corner mengatakan...

silahkan dicoba,..jika ada problem , bisa saya bantu sebisanya...thank

Pipin Inawati mengatakan...

Klo untuk menu dropdown yang bercabang bagaimana cara buatnya...soalnya aku sudah banyak baca dan aq praktekin masih saja gak bisa...contohnya waktu kursor didekatkan pada menu sub horisontal, menu tersebut hilang-hilang,gak bisa di klik...
Kunjungi blogku juga ya...
http://pipininawati.blogspot.com/

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 
DoFollow

Best Patner

Advertise with IZEA Media

Copyright © 2012. Bisnis Online Corner - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz Templates